SELAMAT DATANG DI WEB RESMI PEMERINTAH DESA SAWAHAN KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN PACITAN

Artikel

Sejarah Desa

26 Agustus 2016 15:38:09  Administrator  23 Kali Dibaca 

Sesuai dengan namanya, pada masa lalu sebagian besar wilayah desa Sawahan merupakan areal sawah tadah hujan yang sangat subur dengan dikelilingi bukit-bukit hutan belantara. Pada mulanya para penghuni terdahulu memiliki tempat tinggal di lereng-lereng perbukitan dengan tujuan agar tidak mengurangi lahan persawahan, yaitu dengan cara membabat hutan untuk dijadikan areal pemukiman, sementara katu hasil pembabatan hutan itu digunakan untuk membangun rumah dan keperluan lainnya. Satu sisi memang ahan persawahan tidak banyak terkurangi untuk permukiman, namun dampak negatif terhadap alam dan lingkungan seperti bahaya tanah longsor atau terkikisnya tanah diperbukitan, penurunan tingkat kesuburan tanah, mengeringnya sumner-sumber air alami, dan lain sebagainya tidak terpikirkan oleh mereka. Karena ketika itu semata-mata hanya untuk mempertahankan keutuhan areal persawahan.

Akibat bukit - bukit yang tersebar di seluruh wilayah desa berangsur – angsur menjadi gundul, tanahnya habir terkikis terbawa air semakin kecil bahkan banyak yang mengalami kematian. Penurunan tungkat kesuburan lahan diperparah lagi oleh penggunaan pupuk kimia dan pestisida yang tidak terkontrol pada era intensifikasi pertanian beberapa tahun belakangan ini. Saat ini agar bisa menikmati hasil bertanam harus dilakukan suatu usaha yang amat melelahkan serta mengurus energi yang cukup besar, sehingga kalau dikalkulasi biaya produksi akan jauh lebih besar dibandingkan hasil produksinya.

Sawahan yang dulu memiliki hamparan sawah yang cukup luas dengan dikelilingi bukit-bukit hutan dan kaya akan sumber air, kini berubah menjadi tegalan berupa lahan kering dilingkupi bukit-bukit gundul berbatu dan selalu kekurangan air bersih disaat musim kemarau.

Desa Sawahan termasuk desa yang cukup tua jika ditengok dari sejarah pergantian kepemimpinannya yakni telah dipimpin oleh 7 (tujuh) Kepala Desa sebagai berikut :

  1. KARSO (1942 – 1877)
  2. IRODRONO (1988 – 1912)
  3. SUPARTO (1913 – 1952)
  4. WAGIMIN (KARMOJO) (1953 – 1989)
  5. SADIMAN (1989 – 2007)
  6. TEGUH diangkat Tahun (2007 - Sekarang)

Dari beberapa pergantian kepemimpinan kepala desa  tersebut semakin hari sedikit demi sedikit perkembangan pembangunan desa dan sejak bergulirnya Repelita I dan seterusnya berbagai program pembangunan senantiasa bisa diwukutkan sesuai dengan harapan baik pembangunan fisik maupun non fisik. Terbukti  alkamdulillah mulai tahun 2007 kebutuhan air minum sudah tercukupi.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Dusun Krajan RT 001 RW 001, Sawahan, Kec. Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554
Desa : Sawahan
Kecamatan : Donorojo
Kabupaten : Pacitan
Kodepos : 63554
Telepon : 085236088784
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:71
    Kemarin:32
    Total Pengunjung:6.482
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.135.48
    Browser:Tidak ditemukan